Cara Membuat Pembelajaran Pada Moodle

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya di sini akan sedikit berbagi ilmu tentang cara membuat pembelajaran pada Moodle untuk pembelajaran secara online/elektronik.

A. Pengertian
LMS (Learning Management System) merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara ‘’online’’. Dalam pelatihan korporasi, LMS biasanya digunakan untuk mengotomatisasi pencatatan dan pendaftaran karyawan. Dimensi untuk belajar sistem manajemen meliputi ‘’Students self-service’’ (misalnya, registrasi mandiri yang dipimpin instruktur pelatihan), pelatihan alur kerja (misalnya, pemberitahuan pengguna, persetujuan manajer, daftar tunggu manajemen), penyediaan pembelajaran ‘’online’’ (misalnya, pelatihan berbasis komputer, membaca & memahami), penilaian ‘’online’’, manajemen pendidikan profesional berkelanjutan (CPE), pembelajaran kolaboratif (misalnya, berbagi aplikasi, diskusi), dan pelatihan manajemen sumber daya (misalnya, instruktur, fasilitas, peralatan). LMS juga digunakan oleh regulasi industri (misalnya jasa keuangan dan biopharma) untuk pelatihan kepatuhan. Mereka juga digunakan oleh institusi pendidikan untuk meningkatkan dan mendukung program pengajaran di kelas dan menawarkan kursus untuk populasi yang lebih besar yaitu seluruh dunia. Beberapa penyedia LMS termasuk "sistem manajemen kinerja" meliputi penilaian karyawan, manajemen kompetensi, analisis keterampilan, perencanaan suksesi, dan penilaian ‘’multi-rater’’ (misalnya, review 360 derajat). Teknik modern sekarang menggunakan pembelajaran berbasis kompetensi untuk menemukan kesenjangan belajar dan panduan materi seleksi pelatihan.

B. Latar Belakang
Pembelajaran dengan menggunakan moodle digunakan untuk kegiatan pembelajaran secara online. Sehingga dapat mempermudah kegiatan pembelajaran ketika guru tidak bisa datang ke sekolahan tetapi tetap bisa melakukan kegiatan pembelajaran.


C. Alat dan Bahan
  • Laptop/Pc
  • Jaringan Internet
  • Cms Moodle
  • Terminal Emulator
  • Web Browse
D. Maksud dan Tujuan
Pembelajaran menggunakan moodle digunakan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran ketika guru tidak bisa datang ke sekolahan tetapi tetap bisa melakukan kegiatan pembelajaran.

E. Tahapan Pelaksanaan
1. Masuk sebagai admin pada moodle.
2. Kemudian klik Site Administration -> Course -> Manage courses and categories.
3. Setelah itu klik create a course.

 4. Kemudian kita isi  untuk menbuat kelasnya kemudian klik save and display.

   5. Kemudian kita enroll user.
   Jika sudah berhasil maka akan keluar seperti berikut ini.

 6. Selanjutnya kita klik Trun editing on.

 7. Setelah itu klik +add an activity or secources.

 8. Karena saya disini akan membuat pembelajaran maka saya pilih Lesson --> Add.

 9. Setelah itu kita masukkan nama pelajaran dan materi pelajaran --> Save and Display.

 10. Kemudian kita klik Add a content page yang digunakan untuk membuat kontent baru.

 11. Ketika sudah dimasukkan file/kontentnya maka kita klik save and display.
 
 12. Setelah itu maka akan muncul hasil seperti ini.

 13. Kemudian kita klik file pembelajaran yang kita buat tadi.

    Hasilnya :

F. Referensi
http://www.daniel87.tk/2016/03/cara-membuat-pelajaran-di-moodle.html

G. Hasil dan Kesimpulan
Pembelajaran menggunakan moodle digunakan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran ketika guru tidak bisa datang ke sekolahan tetapi tetap bisa melakukan kegiatan pembelajaran.

Sekian dari saya apabila ada salah mohon maaf, terimaksih telah berkunjung di blog saya.

 Wassalamualikum Wr. Wb.