Preview dan Review Tentang OSI Layer

Assalamualikum Wr. Wb.

Saya disini akan sedikit mengulangi materi tentang OSI Layer. Kenapa Saya mengulangi materi ini?

1. Karena Saya belum terlalu mengerti tentang penerapan OSI Layer.
2. Karena saya ingin melanjutkan materi tentang Simulasi Jaringan dalam Paket tracer.


Langsung saja ya...

Layer OSI atau OSI Layer adalah sebuah model arsitektur jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI mempunyai sebuah kepanjangan, yaitu "Open System Inter Connection" yang merupakan kumpulan dari layer. Masing - masing layer sudah mempunyai tugas dan tanggung jawab masing - masing dan saling mengisi satu sama lain. Jika salah satu layer tidak digunakan berarti tidak akan terbentuk sebuah jaringan. 

OSI Layer terbagi menjadi dua lapisan, yaitu : Upper Layer dan Lower Layer. Upper Layer memfokuskan pada aplikasi pengguna dan bagaimana file itu akan di presentasikan di PC , sedangkan Lower Layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan.

Pengertian dari tiap tiap Layer :

Application
  Pada lapisan ini menjelaskan bagaimana si pengguna berkomunikasi .

Presentation
  Untuk menterjemahkan data yang di transmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat di transmisikan melalui jaringan.

Session
  Lapisan ini bertanggung jawab sebagai membuat koneksi, memelihara, menjaga dan juga menghancurkan data tersebut , di lapisan ini juga terjadi resolusi nama.

Transport
  Lapisan ini bertugas memecah data ke dalam paket paket data serta memberikan nomor urut paket paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima penomoran untuk ke tujuan berdasarkan aplikasi / server yang dituju.

Network
  Lapisan ini mendefinisikan alamat alamat IP, membuat header pada paket dan kemudian juga melakukan routing internetworking dengan menggunakan router dan switch layer 3.


DataLink
  Lapisan ini bertanggung jawab dalam mengoreksi kesalahan, terjadinya flow control, pengalamatan perangkat keras (MAC ADDRESS) dan menentukan bagaimana perangkat perangkat jaringan seperti Hub atau Switch bekerja . Lapisan ini berfungsi untuk menentukan bagaimana bit bit di kelompokkan menjadi format atau disebut sebagai frame.

Physical
  Lapisan ini adalah lapisan dasar berkaitan dengan data data mentah dalam bentuk sinyal listrik. Lapisan ini pastilah berhubungan dengan bentuk fisik hardware. Contoh : NIC.
Hub berada di layer ini karena hub bersifat Broadcast.
  


Sekian dari saya bila ada salah mohon maaf, terimakasih telah berkunjung di blog saya. :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.