Cara Setting Access Point Sebagai Penerima Sinyal Wifi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Disini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang cara setting Access Point Sebagai Penerima (Station) Sinyal Wifi menggunakan Radio Rocket Ubiquiti. Sebelumnya saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu Access Point.
Access Point adalah suatu piranti yang memungkinkan piranti nirkabel untuk terhubung kedalam jaringan dengan menggunakan Wifi, bluetooth, atau standart yang lainnya.

wireless access point pada dasarnya bekerja pada teknologi sirkuit yang dibuat oleh komputer pribadi Anda, router dan perangkat jaringan nirkabel seperti wireless access point. Ini mulai bekerja ketika mengaktifkan sistem operasi Anda dan kemudian menghubungkannya dengan jaringan nirkabel dan ketika anda masukkan URL dalam jendela browser Anda yang mendukung wireless access point Anda.
Kemudian langkah ini informasi terhadap server gerbang jalan WAP, tempat pengolahan atau menerjemahkan data yang dilakukan. Ini gerbang WAP Server cara menerjemahkan data dari format sederhana untuk HTTP formatr dan setelah terjemahan mengirimkannya ke situs web dengan bantuan router yang terhubung. Ketika situs web menerima data yang diterjemahkan, ia akan mengubahnya menjadi dokumen HTML, di sini mengirim dokumen ini lagi ke server wireless access point yang mengubah dokumen ke format baru, kali ini format akan WML.
Kemudian data ini dikonversi dengan bantuan router kirim ke antena terdekat. Sekarang dengan bantuan antena radio gelombang melanjutkan routing data diterjemahkan dan mengirimkannya akses nirkabel perangkat jalur, menerima data dan tampilan pada layar dengan bantuan dari jendela browser.

Yang perlu dipersiapkan ketika ingin melakukan penyettingan Access Point Sebagai Penerima sinyal wifi yaitu :
1. 1 PC/Laptop
2. 2 Kabel UTP tipe Straight
3. Access Point jenis Radio rocket ubiquiti
4. Adapter untuk menghubungkan Access point dengan PC/Laptop
5. Disini saya menggunakan OS linux

Fungsi Access Point :
Access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

Langsung saja ini langkah - langkahnya :

1. Sambungkan Radio rocket ubiquiti menggunakan kabel UTP pada port POE yang ada dalam Adapter. Port LAN digunakan untuk menyambungkan ke PC/laptop menggunakan kabel UTP.

2. Setting IP Address pada PC dengan cara klik kanan pada gambar wifi -> Edit Connection -> Add -> pilih Ethernet kemudian klik tulisan create -> connection name boleh diganti atau tidak -> pilih IPv4. Settings isikan IP Address; Subnetmask; Network. Pada saat pengisian IP address harus satu network dengan IP default dari Radio Ubiquiti-nya -> Save.


3. Kemudian buka web browser pada URL isikan ip address default dari Radio Ubuquiti-nya. Pada bagian ini masukkan username dan password default dari Radio Ubiquiti-nya yaitu "ubnt" -> Country pilih bahasa indonesia -> Language pilih English -> Ceklist pada tulisan "I aggre...". kemudian kita login.


4. Setelah Login akan muncul menu - menu. Disini yang pertama kali diedit adalah menu system. Yang diedit adalah Device Name, disini diisi sesuai selera anda -> pada Time Zone pilih lokasi GMT (+07:00) Bangkok,Jakarta,Hanoi -> Startup Date di enable, kemudian diedit tanggalnya -> Reset Button di Ceklist -> kemudian klik Change -> Apply.


5. Selanjutnya masuk menu Network. Pada menu ini network mode diganti Bridge -> configuration Mode : simple -> Edit IP address, satu network dengan IP Default Radio Rocket Ubiquiti -> Cahange -> Apply.



6. Kemudian kemenu Wireless -> SSID diisikan dengan nama yang telah dibuat oleh Airgrid/Pemancar sinyal -> Frequency List MHz di Enable -> kemudian muncul kolom pencarian kemudian di klik edit -> selanjutnya cari nomor yang belum digunakan -> pada Security pilih "WPA2-AES" -> kemudian isikan password-nya -> Change -> Apply.

7. Kemudian pilih gambar Airgrid -> pada airmax priority pilih sesuka hati -> pada airview port isikan sesuai dengan yang di isikan saat setting Access point sebagai Pemancar sinyal Wifi -> Change -> Apply.


8. Bukti kalau sudah bisa tersalurkan yaitu dengan adanya sinyal yang ada pada menu main. Semakin banyak nilai - / minusnya maka akan semakin baik sinyalnya.



Sumber Referensi :
http://tkj-em-habib99.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-fungsi-cara-setting-dan-cara.html

Kesimpulan :
Kemudian data dikonversi dengan bantuan router kirim ke antena terdekat. Sekarang dengan bantuan antena radio gelombang melanjutkan routing data diterjemahkan dan mengirimkannya akses nirkabel perangkat jalur, menerima data dan tampilan pada layar dengan bantuan dari jendela browser.

Sekian sedikit ilmu yang dapat saya berikan apabila ada salah atau kurangnya mohon maaf, karena saya disini juga masih dalam tahap pembelajaran.
Terimakasih telah berkunjung di blog saya. Semoga bermanfaat ilmu yang saya berikan dan semoga bisa menjadi referensi pada saat anda belajar :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.