Sharing Tentang Pembahasan OSI LAYER dan Setting Dasar MikroTik Bersama Mbah Suro

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam kawan - kawan semua, Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang Sharing mengenai OSI LAYER dan Setting dasar Mikrotik.

Pembicara    : Mbah Suro Dhemit
Waktu           : 09.00 - 15.00
Tempat         : BLC Telkom Klaten
Pembahasan :

  • OSI Layer
  • Setting mikrotik mulai dari awal sampai membuat hotspot
Peserta        : Siswa prakerin di BLC Telkom Klaten




Pada hari ini mbah suro memberikan materi tentang OSI LAYER dan setting dasar tentang Mikrotik untuk membuat hotspot. Yang diawali membahas tentang OSI LAYER untuk membuat Hotspot yang akan digunakan kedepannya dan digunakan untuk membangun server.







A. Pengertian

Open System Interconnection (OSI)  adalah sebuah model referensi arsitektur anatarmuka jaringan yang dikembangkan  oleh ISO yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan di hampir semua perangkat jaringan.


Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Reikstins. Mikrotik ada dua jenis, ada RouterOS dan RouterBoard. RouterOS merupakan  sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. Mikrotik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless.  Fitur-fitur tersebut diantaranya : Firewall & NAT, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS Server, DHCP Server, Hotspot, dan masih banyak lagi.
 
Proxmox VE (Virtual Enviinment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system. Proxmox berjalan dengan mode text , walaupn seperti itu Proxmox akan lebih mudah dikonfigurasi melalui akses remote dengan web based . Proxmox support dengan beberapa jenis virtualisasi seperti KVM dan OpenVZ.
B. Latar Belakang 
Latar belakang dilakukannya sharing ini karena hari ini peserta prakerin akan membangun server secara serentak. Sebelum membangun server peserta prakerin diajak sharing bersama dengan Mbah Suro mengenai OSI Layer, selanjutnya peserta prakerin melakukan setting mikrotik hingga membuat hotspot, setelah peserta prakerin selesai melakukan setting mikrotik. Peserta mikrotik melakukan installasi proxmox untu virtualisasi server kita nantinya, karena dengan menginstall proxmox sebuah pc/server dapat diinstal banyak sistem operasi.. 


C. Hasil dan Kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan ini, semua peserta prakerin lebih mengerti mengenai OSI Layer, dan bagi peserta prakerin yang akan membagun servernya menjadi mengerti apa saja yang harus dipahami dan dipersiapkan sebelum membangun server. Kita menjadi menegrti apa itu mikrotik, bagaimana sejarah mikrotik dan jenis-jenis mikrotik. Selain mikrotik juga ada pembahasan tentang proxmox.

Ini dokumentasinya :













Sekian dari saya, mungkin ini dokumentasi kegiatan sharing pada hari ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.