Setting Access Point Sebagai Pemancar Sinyal Wifi

Assalamualaikum Wr. Wb

Saya disini ingin berbagi sedikit ilmu tentang setting access point sebagai pemancar (AP Bridge) sinyal wifi menggunakan Radio Ubiquiti. Langsung saja saya mulai cara - caranya :

  •  Setting Access point sebagai pemancar sinyal wifi. Ini langkah - langkahnya:
1. Kita hubungkan dulu kabel UTP + RJ45 ke port POE (Power of Ethernet) 
dengan airgrid . Dan hubungkan kabel UTP + RJ45 ke port LAN dengan port pada loptop/pc . Harap diingat , jangan sampai salah karena dapat berakibat fatal . Akibatnya bisa membuat roket terbakar .
2. Setting ip address pada laptop dengan cara  masuk menu edit connection -> pilih ethernet/wired connection -> pilih menu ipv4 setting . Isikan address; subnetmask; gateway. Disini gateway diisi 192.168.1.20 karena ip default dari ubiquiti , sehingga ip address saya beri masih satu network dengan ip default ubiquiti .


3. Kemudian kita buka browser , masukkan ip address pada URL 192.168.1.20 maka akan muncul seperti ini .




   Kita masukkan username = ubnt , password = ubnt , country = Indonesia , language = english . username dan password tidak diubah , karena username dan password sudah default  dari ubiquiti . Ceklis 'i aggree' lalu klik login .


4. Setelah login akan muncul tampilan seperti ini



    Kita masuk menu System ,  pada Device Name isikan sesuai keinginan (disini saya isi AP sagos) -> Interface Language = English -> Time Zone = (GMT+07:00) Bangkok , Jakarta, Hanoi -> Startup Date kita enable -> Startup Date kita atur sesuai hari ini -> klik change -> klik apply.
5. Kita tunggu beberapa detik kemudian , lalu kita pindah ke menu network 
   
Kita telah masuk menu Network , pada Network Mode = Bridge -> Disable Network  = None -> Configuration mode = Simple -> Management Ip Address = Static ->  Ip Address kita ganti sesuai keinginan asalkan masih satu network -> ubah subnetmask dan gateway sesuai dengan ip default ubiquiti (192.168.1.20) -> klik change > klik apply 
6.  Kemudian kita pindah ke menu wireless , tampilannya seperti ini

 

 Kita sudah masuk menu Wireless , Wireless Mode = Access Point (karena disini sebagai pemancar sinyal) -> SSID = isi sesuai keinginan (saya beri sagos sakti) -> Frequency List ,MHz = kita enable -> lalu edit (pilih frekuensi yang tepat / pilih yang jarang atau belum digunakan agar terhindar dari collision) -> Security = WPA2-AES -> WPA Autentication = PSK -> WPA Preshared Key = isikan password minimal 8 karakter ->klik change -> klik apply .


7. Masuk menu airMax settings




   Kita telah masuk menu airMax Settings , pada airMax: ? = enable (jika airMax di enable ka , maka hanya sesama airMax saja yang bisa ikut terhubung namun jikalau disable maka perangkat wireless lain bisa ikut terhubung ke AP) -> airView port: ? = 22222 (sesuai keinginan)  airView port ini digunakan untuk menghubungkan airMax yang lain . Antara AP dan Station harus memiliki airView port yang sama -> klik change - > klik apply .

8. AP yang kita buat sudah siap





Mungkin baru ini yang dapat saya sampaikan apabila ada salah dalam tulisan atau cara - caranya mohon maaf. jika ada yang kurangpun juga minta maaf. Sekian tutorialnya, semoga bermanfaat, dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.