KONFIGURASI VOIP DENGAN MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya disini akan sedikit berbagi ilmu tentang cara konfigurasi Voip menggunakan cisco packet tracer.
Langsung saja yukk...!

A. Pengertian
VoIP atau Voice over Internet Protocol adalah sebuah metode dan gabungan dari beberapa penggunaan perangkat teknologi untuk mentransfer data suara dan data multimedia lain melalui jaringan internet. Istilah lain yang mewakili VoIP antara lain Telepon IP, Telepon Internet, Voice over Broadband  (VoBB), Telepon Broadband, IP communications, dan Broadband Phone. Voice over Internet Protocol adalah teknologi yang memungkinkkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

B. Latar Belakang
Latar belakang saya membuat simulasi layanan voip ini untuk memberikan gambaran bagaimana topologi layanan voip, kemudian memberikan gambaran bagaimana alur layanan voip yang terjadi. Bagaimana laptop bisa berkomunikasi dengan ip phone, bahkan menggunakan analog phone sekalipun yang harus menggunakan voip adapter.

C. Alat dan Bahan
  1. Laptop/Pc
  2. Aplikasi Cisco Packet Tracer
D. Maksud dan Tujuan
Tujuan membuat simulasi layanan voip ini supaya bisa membuat layanan voip dan paham betul alur layanan voip serta cara kerjanya. Jadi disini tidak hanya bisa membuat layanan voip dan jadi, namun juga bisa memahami berul lar yang terjadi pada layanan voip.

E. Tahapan Pelaksanaan
1. Langkah pertama kita buat topologynya terlebih dulu.

2. Setelah topologynya terbuat maka kita buat simulasinya di cisco packet tracer.




Keterangan :
  1. Hubungkan pc, laptop, ip phone dan voip adapter ke switch dengan menggunakan kabel staright.
  2. Hubungkan analog phone denganvoip adapter dengan menggunakan kabel phone
  3. Analog phone tidak mempunyai port untuk RJ-45 maka kita butuhkan perantara voip adapter
  4. Hubungkan switch ke router dengan kabel straight.  
  5. Untuk menyambungkan IP Phone kita klik IP Phone Kemudian kita tarik kabelnya agar bisa terhubung.
3. Kita lakukan konfigurasi pada router sesuai dengan topologi yang telah disiapkan.
    Kita berikan ip pada interface yang terhubung ke jaringan, disini interface yang terhubung ke jaringan fastethernet0/0.Disini kita memberikan service DHCP Server pada router agar memberikan ip address pada IP Phone dan perangkat lainya secara DHCP.
    Untuk mengecek apakah service DHCP Server sudah berhasil atau belum maka caranya klik PC -> Desktop -> IP Configurations -> DHCP Server jika munculnya seperti dibawah ini.

4. Kemudian kitaberikan IP Address pada home Voip agar bisa melakukan simulasi komunikasi.

5. Kemudian kita lakukan simulasi panggilan dengan cara klik IP Phone/Analog phone dengan cara menuliskan dial number yang sudah di konfigurasikan di router tadi.



F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP

G. Hasil dan Kesimpulan
Hasil dari simulasi diatas yaitu simulasi membuat layanan voip adalah semua perangkat yang terhubung ke jaringan bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan layanan voip. Perangkat yang terhubung pada topologi diatas merupakan router, pc, switch, laptop, ip phone, voip adapter, dan analog phone.


Mungkin baru itu yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah mohon maaf. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.