Konsep Dasar Cloud Computing

Assalamualikum wr. wb.

Selamat siang rekan - rekan semua, kali ini saya akan membahas tentang kosep dasar dalam Cloud Computing. Langsung saja ya..


 1. Sejarah
Sejarah cloud computing dimulai pada tahun1960-an, oleh John McCarth seorang pakar komputer dari MIT meramalkan bahwa suatu hari nanti komputerisasi akan menjadi infrastruktur publik layaknya seperti berlangganan listrik atau telepon. Kemudian pada akhir tahun 1990-an, lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai munculnya perusahaan pengolah data center. Selanjutnya pada tahun1995, Larry Ellison, pendiri Oracle, melahirkan wacana “Network Computing” pasca penetrasi Microsoft Windows 95 yang merajai pasar software dunia pada saat itu. Ide itu menyebutkan bahwa PC tidak perlu dibenamkan software yang membuat berat kinerja dan cukup diganti sebuah terminal utama berupa server.

2. Pengertian
Cloud computing atau komputasi awan merupakan definisi untuk teknologi komputerasi grid (grid computing) yang digunakan pada pertengahan hingga akhir tahun 1990-an. Jargon cloud computing atau komputasi awan mulai muncul pada akhir tahun 2007, digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke Internet, bukan disimpan di komputer lokal lagi. Pada saat itu, layanan lain termasuk pengolahan kata, spreadsheet, dan presentasi telah dipindahkan ke dalam komputasi awan.

3. Konsep Dasar Cloud Computing

  • Infrastructure as a Service (IaaS)

    Infrastructure as a Service merupakan layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lainnya. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual dapat diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan. Keuntungan layanan IaaS ini adalah tidak perlu membeli komputer fisik sehingga lebih menghemat biaya. Konfigurasi komputer virtual juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Misalkan saat storage hampir penuh, storage bisa ditambah dengan segera. Perusahaan yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.
 Bagian-bagian dari Iaas atau Haas :
  1. Perjanjian Layanan yang merupakan awal dari persetujuan klien dan provider.
  2. Hardware komputer.
  3. Networking.
  4. Koneksi Internet.
  5. Virtualisasi Platform.
  6. Billing.
  • Platform as a Service (PaaS)

    Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.
Sistem PaaS terbagi menjadi 3 yaitu :
  1. Fasilitas Pengembangan Add-On. Sistem ini akan menawarkan beberapa aplikasi PaaS yang bisa dikostumisasi oleh user.
  2. Stand Alone Environments. Untuk penggunaan software developing biasa.
  3. Application Delivery-Only Environments. Juga mendukung layanan hosting, seperti keamanan dan skalabilitas. Tidak termasuk development dan debugging.
  • Software as a Service (SaaS)
    Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

Ada beberapa tipe software yang ditawarkan SaaS, yaitu :
  1. Manajemen resources bagi pelanggan.
  2. Video Conferencing.
  3. Manajemen Layanan IT.
  4. Akunting.
  5. Analisa Web.
  6. Manajemen web content.
 
4. Sumber Referensi 

http://www.erudeye.id/blog/perbedaan-saas-paas-dan-iaas/
https://nissaajah91.wordpress.com/2013/07/03/sejarah-dan-pengertian-cloud-computing/


Mungkin itu yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah berkunjung di blog saya :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.