Topology Jaringan LAN dengan Menggunakan Satu Server Serta Setting Service Server di Cisco Packet Tracer

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang semuanya, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang cara menyetting jaringan LAN dengan menggunakan satu server serta setting service server di cisco packet tracer.

A. Pengertian
Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

B. Latar Belakang
Sebagai simulasi tentang cara meremot server melalui pc client.

C. Alat dan Bahan
  1. Laptop/PC
  2. Aplikasi Cisco packet tracer
D. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui bagaimana cara mengkonfigurasikan service server pada jaringan nyata.

E. Tahapan Pelaksanaan
1. Langkah pertama kita siapkan topologinya terlebih dahulu.

2. Kemudian kita konfigurasikan dari topology diatas.

3. Setelah itu kita berikan ip address pada server dengan cara klik server -> Desktop -> Ip Configurations -> Kemudian masukkan ip addressnya.

4. Setelah itu klik Server -> Config -> Service : HTTP. Pada service HTTP dan HTTPS kita ONkan untuk mengaktifkan service server.
5. Kemudian DHCP Server kita ON-kan, Setelah itu kita masukkan ip address dan subnetmask untuk server.
6. Setelah itu kita lihat di client apakah sudah berhasil atau belum dengan cara klik pc -> Desktop -> IP Configuration -> kemudian kita pilih DHCP jika IP DHCP sudah keluar maka sudah berhasil.

    Caranya seperti no 6

7. kemudian kita klik Server -> Desktop -> Command Prompt -> kemudian kita ping 172.192.18.1, jika hasilnya seperti dibawah ini maka tandanya konfigurasi sudah berhasil.

Caranya sama seperti diatas
8. Setelah itu kita test apakah service http sudah berhasil atau belum dengan cara klik pc -> Desktop -> Web Browser -> Pada URL tuliskan http://ip server. jika berhasil maka akan seperti ini.
9. Setelah itu kita test apakah service http sudah berhasil atau belum dengan cara klik pc -> Desktop -> Web Browser -> Pada URL tuliskan http://domain yang sudah dibuat. jika berhasil maka akan seperti ini.
F. Referensi
http://sheha339.blogspot.co.id/2016/03/setting-service-server-menggunakan.html

G. Hasil dan Kesimpulan
Dengan mencoba simulasi service server seperti di atas maka kita dapat mengimplementasikan pada dunia kerja secara langsung.

Sekian dari saya apabila ada salahnya mohon maaf, Terimakasih telah berkunjung di blog saya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.