PENGERTIAN TKJ, KOMPUTER, SEJARAH KOMPUTER dan OSI LAYER

Assalamu'alaikum wr. wb. 
Siapa yang belum tau apa jurusan TKJ itu? Jurusan TKJ merupakan salah satu jurusan yang ada pada sekolahan saya. Kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu tentang apa itu TKJ, apa itu komputer, dan sejarah dari sebuah komputer. Cekidot!!!



TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah sebuah ilmu yg membahas tentang bagaimana cara memungkar dan merakit sebuah pc/komputer dengan baikmdan benar, bagaimana cara menginstall sebuah Sistem Operasi (SO), meninsttall aplikasi, perakitan perangkat lunak, dan yang paling utama adalah pengoprasian seuah jaringan internet.

Komputer berasal dari bahasa Yunani yaitu computare, kata com yang artinya menghubungkan secara mental dengan cara keseluruhan, sedangkan kata putare yang berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. sedangkan arti computare secara menyeluruh yaitu sebagai alat penghitug secara bersama - sama. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babage yang merupakan salah seorang ilmuan dunia yang menemukan sebuah komputer pada abad ke-19. Generasi - generasi pada komputer yaitu :
  • KOMPUTER GENERASI I (1946-1956)
 Ciri -ciri komputer generasi I :
    1. Menggunakan tabung hmpa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya.
    2. Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
    3. Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
    4. Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language) 
  • KOMPUTER GENERASI II (1960-an)
Ciri - ciri komputer generasi ke II :
    1.  Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya.
    2. Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
    3. Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
  • KOMPUTER GENERASI III (1964-1970) 
Ciri - ciri komputer generasi ke III :
    1.  Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk)
    2. Penggunaan listrik lebih hemat.
    3. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
    4. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
    5. Harganya semakin murah.
    6. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
  • KOMPUTER GENERASI IV (1971-an)
Ciri - ciri komputer generasi ke IV :
    1. Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080)
    2. Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration). 
    3. Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface).
 4 kategori perangkat keras komputer : 
  1. Input device adalah unit yg fungsinya sebagai media untk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untk diolah guna menghasilkan informasi yg diperlukan. Contoh benda - benda input device : mouse, keyboard, scanner, joystick, touch pad. 
  2. Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Contoh benda - benda output device : monitor, speaker, printer.
  3. Storage device atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contoh benda - benda storage device : hardisk, flashdisk, cd, memory card, disket.
  4. Process Device adalah unit yang berfungsi untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Contoh benda - benda Process device : power supply, motherboard, processor, ram, vga card.





    OSI LAYER 




    Layer OSI atau OSI Layer adalah sebuah model arsitektur jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI mempunyai sebuah kepanjangan, yaitu "Open System Inter Connection" yang merupakan kumpulan dari layer. Masing - masing layer sudah mempunyai tugas dan tanggung jawab masing - masing dan saling mengisi satu sama lain. Jika salah satu layer tidak digunakan berarti tidak akan terbentuk sebuah jaringan. 
 Dari ke 7 Layer tersebut juga mempunyai Tugas dan Tanggung jawab masing - masing yaitu :
  1. Physical Layer : Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengabelan. Perangkat yang berada pada Physical Layer adalah NIC (Network Interface Card) beserta dengan kabel - kabelnya.
  2. DataLink Layer : Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit - bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Dalam layer ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras seperti halnya MAC address, dan menentukan bagaimana perangkat - perangkat jaringan seperti HUB, Bridge, Repeater dan Switch layer 2.e
  3. Network Layer : Berfungsi untuk mendefinisikan alamat - alamat IP, membuat header untuk packet - packet, dan melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan Router dan Switch layer-3 (Switch Manage). 
  4. Transport Layer : Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket - paket data serta memberikan nomer urut ke packet - packet tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang diterima. Layer ini juga membuat sebuah tanda bahwa packet yang hilang di tengah jalan.
  5. Sesion Layer : Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara atau dihancurkan. Layer ini juga melakukan resolusi nama.
  6. Presentation Layer : Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang ada dalam layer ini adalah perangkat lunak redirektor (redirektor software), seperti layanan workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protokol (RDP))
  7. Application Layer : Berfungsi sebagai antarmuka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan membuat pesan - pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam layer ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.



Mungkin baru ini yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat :)
Bila ada salah kata, penulisan, ejaan, tanda baca atau yang lain lain mohon maaf :)

Wassalamualaikum wr. wb.


Sumber Referensi :
http://visiuniversal.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-dan-definisi-komputer.html

https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Computer&prev=search

http://www.ilmusiana.com/2015/09/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html

https://d3171s.wordpress.com/2011/03/04/sejarah-komputer-generasi-iii-1964-1970/

http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/2015/05/perangkat-keras-hardware-komputer.html

http://vengenzblog.blogspot.co.id/2013/03/7-layer-osi.html