Review & Preview Ubuntu Mate 16.04 Oleh Mbah Suro

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.


Menurut jadwal rilis, bulan ini merupakan bulan peluncuran Ubuntu 16.04. Seperti yang ditulis sebelumnya, Ubuntu 16.04 menggunakan nama tupai Afrika sebagai nama kodenya.
Nah, Maret lalu, Canonical mengungkapkan bentuk maskot resmi untuk Ubuntu 16.04 LTS. Maskot berbentuk tupai dengan gambar sudut kaku seperti origami ini terungkap melalui pembaruan paket Ubiquity yang muncul di slideshow installer.
Gambar maskot yang diunggah oleh Ubuntu Portal bisa Anda unduh melalui tautan ini.
Oiya, Anda perlu bersabar, Ubuntu 16.04 LTS “Xenial Xerus” baru akan dirilis 21 April 2016 nanti.

Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus) ISO tersedia untuk siapa saja yang bersedia untuk membawa mereka untuk test drive. Mereka sangat didasarkan pada Ubuntu 15.10 (Wily Werewolf),  jadi jangan berharap perubahan besar-besaran dalam koleksi desain dan perangkat lunak mereka.
Ubuntu 16.04 LTS siklus pengembangan akan berlangsung selama enam bulan ke depan, dan itu akan menyimpulkan dengan rilis final.
Untuk saat ini, Ubuntu 16.04 LTS image ISO didistribusikan untuk 64-bit (amd64) dan 32-bit (i386) arsitektur hardware, dan tersedia untuk di download sekarang.
Sedikit peringatan bagi mereka yang mencoba untuk mendownload Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus): harap diingat bahwa ini adalah preview awal dari sistem operasi yang akan datang, dan Anda tidak perlu menginstalnya pada lingkungan produksi.
Ubuntu 16.04 LTS akan segera rebased di Linux kernel 4.3. Linux kernel 4.3 saat ini sedang dalam pengembangan dan RC (Release Candidate) membangun ketujuh dibuat tersedia untuk didownload dan diuji.
Pengembang Ubuntu telah membuka repositori untuk Xenial, pelacakan Ubuntu 15.10 Linux 4.2 kernel di cabang master, sementara rebasing cabang-master sebelah Linux kernel 4.3 RC7. Rilis final dari kernel Linux 4.3 akan dilihat minggu depan, yang berarti bahwa image ISO dari Ubuntu 16.04 LTS masa depan akan rebased di atasnya. Namun, kami percaya bahwa membangun final Ubuntu 16.04 LTS akan didukung oleh Linux kernel 4.4.
 
Fitur - fitur yang baru ::

1. LTS : Ubuntu 16.04 akan menjadi Tim Dukungan panjang berarti akan didukung selama 5 tahun. Ini akan menjadi yang pertama Ubuntu LTS untuk kapal dengan system sebagai manajer layanan default.

2. LTS Kernel : Xenial Xerus akan didasarkan pada Linux 4.4 LTS.

3. Unity spyware : dalam rilis preseden Ubuntu Unity Dash memungkinkan pengguna untuk mencari online dari berbagai siyus seperti Amazon atau Wikipedia. Ini telah dianggap oleh banyak masalah privasi dan telah mengakibatkan kontroversi antara Canonical dan Ubuntu pengguna (Richard Stallman bahkan menulis sebuah artikel tentang hal itu). Selama bertahun-tahun Canonical menolak untuk mendengarkan masyarakat, namun hal-hal yang akan berubah di Ubuntu 16.04 fitur pencarian Dash Unity akan dinonaktifkan secara default. Fitur ini masih akan hadir di Dash dan pengguna yang ingin mengaktifkannya akan dapat melakukannya dalam pengaturan.

4. Unity Launcher posisi : berkat kerja dari Marco Trevisan, pengguna Unity akan dapat memutar Unity Launcher dan posisi ke bawah layar (Mac-seperti).

5. ZFS : dekat sepenuhnya diterapkan di Ubuntu 16.04, mungkin tidak berhasil dalam waktu namun dan mungkin akan hanya preview teknologi untuk saat ini. Meskipun ini adalah berita besar, pengguna Desktop seharusnya tidak terlalu bersemangat: ZFS terutama sistem file server yang bertujuan untuk mencegah korupsi data.

6. Software center : Ubuntu Software Center tidak pernah sampai ke tugas untuk menyediakan antarmuka grafis untuk menginstal dan memperbarui perangkatlunak. Canonical selalu mendukung software ini tapi di Ubuntu 16.04 akan jatuh dalam mendukung GNOME Software: GUI cross-platform untuk menginstal dan memperbarui perangkat lunak.

7. Update Firmware : dimulai dengan Linux 4.2, vendor firmware memiliki kemungkinan untuk memberikan update mereka melalui prosedur standar. Hal ini memungkinkan (misalnya) memperbarui firmware BIOS / EFI. Semua ini juga dimungkinkan berkat GNOME Software. Fitur ini Namun, mungkin tidak berhasil dalam waktu untuk Ubuntu 16.04 tanggal rilis, itu Namun direncanakan dan kami berharap itu akan berhasil dalam waktu untuk dimasukkan.

8. Unity 8 : Ubuntu 16.04 akan menampilkan dua versi: satu dengan Unity 7 dan satu dengan kesatuan 8, dengan yang terbaru direncanakan sebagai default untuk Ubuntu 16.10.

9. Snappy : pengembang Ubuntu berusaha untuk membawa tajam ke Ubuntu 16.04 dengan Unity 7, namun akan tidak siap umtuk tanggal rilis Xenial ini.

1 komentar:

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.