SETTING PC AGAR CONNECT KE INTERNET MELALUI WINBOX MIKROTIK

Assalamualaikum Wr Wb :)
Kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial setting pc agar connect ke internet melalui winbox MikroTik. Sebelum melakukan konfigurasi kita harus mempersiapkan/merencanakan IP yang akan digunakan pada Setting MikroTik. Jika kita ingin setting MikroTik yang besar maka kita harus melakukan perencanaan gambar dan IP yang digunakan.

Ini dia tutorialnya ::
  1. Pertama setting IP PC dengan cara "pada icon wifi klik kanan -> Edit connection -> Add -> Create.. -> IPv4 Setting -> Pada Method pilih Manual -> Add -> Isikan Address; Netmask ; Gateway; DNS; Ganti nama pada Connection name -> kemudian Save .

  2. Buka winbox bisa melalui terminal atau icon pada dekstop. Jika lewat terminal maka perintahnya "wine winbox.exe"
  3. Setelah winbox terbuka maka akan muncul tampilan awal winbox dan akan muncul IP yang belum disetting. untuk setting caranya klik pada mac address -> connect.
  4. kemudian klik Setting -> Identity -> kemudian isikan namanya -> Apply -> Ok.


  5. Kemudian setting IP address pada winbox mikrotik dengan cara Klik IP -> Addreses -> pilih tanda [+] -> isikan IP address beserta previx-nya dan pilih Ether yang digunakan. Kenapa networknya tidak diisikan? karena jika sudah di Apply maka network akan muncul secara otomatis. Setelah di Apply maka langsung di OK. 
  6. Kemudian Interfaces -> pada ether - ethernya berikan commandnya.  

      
    7. Pilih IP -> DNS -> isikan DNS-nya -> centang pada Allow Remote Requests -> Apply -> Ok.

    8. Pilih IP -> Routes -> klik tanda [+] -> isikan pada gateway-nya dengan IP WAN/IP penyedia internet -> Apply -> Ok.

  7. 9. Setting Firewall dengan cara klik IP -> Firewall -> NAT -> pada general Chain diisi scrnat; out interface diisi Ether1 -> pada bagian Action diisi Masquerade -> Apply -> Ok.
    10. Kemudian ping pada google.com; ip penyedia layanan internet/WAN; ip pc/laptop; ip DNS. jika penyetingan masih salah maka akan muncul tulisan Destination Host Uncreable atau TimeOut.




    Mungkin baru itu saja yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata atau kesalahan dalam penulisan mohon maaf karena saya disini juga masih dalam tahap pembelajaran. Semoga bermanfaat :)

    Wassalamualaikum Wr. Wb