Cara membuat USB Bootable atau USB live boot menggunakan UNetbootin

Assalamualaikum Wr. Wb

Disini saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang cara membuat bootable ISO Debian.

A. Pengertian
UNetbootin (Universal Netboot Installer) adalah perangkat untuk membuat sistem Live USB. Perangkat yang cross-platform ini (dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi) dapat memuat berbagai macam perangkat sistem (system utilities) atau meng-install berbagai distro Linux maupun sistem operasi lain meski tanpa CD.
Ciri khas UNetbootin dengan  dukungannya atas berbagai distro Linux, portabilitas, kemampuan untuk memuat kernel, initial ramdisk dan disk image (termasuk ISO image) yang ditentukan sebelumnya, dan dukungannya atas Windows dan Linux.[1] Tidak seperti Wubi, dan mirip dengan Win32-Loader, ketika di-instal ke hard disk, UNetbootin di-instal ke sebuah partisi, bukan disk image, sehingga dapat membuat dual-boot antara Linux dan Windows.

B. Latar Belakang
Media Bootable biasanya digunakan untuk pengistalan sebuah sistem operasi. Sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan.

C. Alat dan Bahan
   1. Flashdisk USB
   2. ISO yang akan digunakan untuk bootable
   3. Aplikasi yang digunakan untuk bootable. disini saya menggunakan software UNetbootin
   4. Laptop/PC

D. Maksut dan Tujuan
Media Bootable biasanya digunakan untuk pengistalan sebuah sistem operasi. Sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan. Digunakan untuk mempermudah pada saat penginstalan Sistem Operasi.

E. Tahapan Pelaksanaan Pekerjaan
1. Buka terminal dan masuk sebagai root.
2. kemudian Install Aplikasi untuk membuat Bootable dengan perintah "apt-get install UNetbootin"
3. Buka Aplikasi tersebut
4. Pada menu Distribution kita pilih jenis ISO yang akan digunakan.
5. Pada pilihan Diskimange -> pada ... di klik -> cari tempat software yang akan digunakan untuk bootable berada.

6. kemudian klik ok
7. Setelah di klik ok maka akan muncul proses bootable-nya
8. Setelah prosesnya selesai maka kita akan diberikan 2 pilihan yaitu Reboot atau Exit. Jika kita reboot maka laptop/pc kita akan mati dan akan menyala sendiri.


F. Referensi
Pada saat melakukan proses bootable saya dibantu oleh teman saya dari SMK Muhima Demak.

G. Hasil dan Kesimpulan
Hasil yang kita peroleh kita menjadi tahu fungsi keuntungan menggunakan Live USB dan ternyata Live USB sangatlah membantu selain sebagai solusi ketika CD/DVD ROM rusak dan sebagai solusi apabila di notebook atau PC tidak mempunyai CD/DVD ROM selain itu dari segi ekonomis lebih murah karena kita tidak perlu membeli CD . Dan ternyata membuat Live USB menggunakan UNetbootin itu tidaklah sulit dan tidak repot . 



Mungkin itu tutorial cara membuat USB bootable atau USB live boot menggunakan UNetbootin dari saya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi saat anda akan melakukan proses
membuat USB bootable atau USB live boot menggunakan UNetbootin Terima kasih telah berkunjung di blog saya :) semoga anda sehat selalu, banya rezeky dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.