Instalasi Debian 8 melalui Proxmox "Part 1"

Asslamualaikum Wr. Wb

Disini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang instalasi Debian 8 pada Proxmox.


A. Pengertian 
Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia. Sebuah repositori software adalah lokasi penyimpanan dari paket perangkat lunak dapat diambil dan diinstal pada komputer.

B. Latar Belakang
menginstal debian 8 digunakan untuk pengoperasian server yang sudah kita bangun karena fungsinya debian bisa sebagai server jaringan atau pengatur proses jaringan seperti router, repeater dan yang lainnya selain itu (Operating System) OS debian juga terkenal dengan kesetabilannya di banding dengan distro linux yang lainnya. OS debian lebih stabil, jadi kita bisa memakai atau memaksimalkannya dengan pc atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah.  OS debian juga berfungsi untuk Troubleshooting dalam arti bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari netwok/jaringan.

C. Alat dan Bahan
1. PC/Laptop
2. ISO Debian
3. Jaringan Internet
4. Promox

D. Maksud dan Tujuan
Maksud dilakukannya Upload file ISO pada proxmox adalah agar mempermudah saat melakukan istalasi SO yang akan digunakan pada PC yang melalui media virtualisasi promox.

E. Tahapan Pelaksanaan
1. Langkah pertama kita harus masuk di proxmox terlebih dahulu.
2. Setelah masuk di proxmox maka kita harus login sebagai admin terlebih dahulu.
3. Kemudian kita harus mengupload file ISO Debian 8 yang di instal terlebih dahulu. Caranya klik tulisan proxmox pada kolom kiri -> local (proxmox) -> content -> upload

4. Setelah itu kita masukkan file dengan cara klik Browse -> cari filenya -> Upload. Setelah kita klik upload maka akan muncul proses penguploadan file-nya.

5. Setelah penguploadan file selesai maka kita harus melanjutkan itu dengan cara Klik Creat VM pada pojok kanan proxmox. Setelah itu pada general ubah namanya menjadi debian8 -> pada VM ID ubah menjadi 110 -> Next.
6. Kemudian pada OS pilih linux 4.X/3.X/2.6 Kernel -> Next.
7. Setelah itu masukkan ISO yang akan digunakan -> Next.
8. Pada Harddisk yang diubah adalah pada Disk Size (GB) -> Next
9. Pada CPU tidak ada yang diganti maka langsung klik next
10. Pada bagian Memory ubah size memory. Disini saya memberikan Size 1024 -> Next
11. Pada bagian Network yang diubah adalah VLAN Tag di isi dengan nomor VLAN Tag-nya -> Next


12. Setelah itu klik finish