Hal-hal yang harus dilakukan setelah instalasi debian server



Assalamualaikum Wr. Wb

Saya disini akan berbagi sedikit ilmu tentang hal - hal yang harus dilakukan setelah melakukan instalasi debian server.

A. Pengertian

Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman , login antarmuka baris perintah , perintah eksekusi jarak jauh , dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. SSH menggunakan kriptografi kunci publik untuk mengotentikasi komputer remote dan biarkan komputer remote untuk mengotentikasi pengguna, jika perlu.


Fungsi SSH :

  1. Dalam kombinasi dengan SFTP, sebagai alternatif yang aman untuk FTP transfer file
  2. Dalam kombinasi dengan rsync untuk mem-backup , menyalin dan me-mirror file secara efisien dan aman.
  3. Untuk port forwarding atau tunneling port (jangan dikelirukan dengan VPN yang rute paket antara jaringan yang berada atau menyambung dua wilayah broadcast menjadi satu)
  4.  Untuk digunakan sebagai VPN yang terenkripsi penuh ,client yang mendukung fitur ini
  5. Untuk meneruskan X11 melalui beberapa host
  6. Untuk browsing web melalui koneksi proxy yang dienkripsi denagn client SSH yang menggunakan protocol SOCKS
  7. Untuk mengamankan mounting direktori di server remote sebagai sebuah sistem file di komputer lokal dengan menggunakan SSHFS
  8. Untuk mengoptimasi remote monitoring dan pengelolaaan server melalui satu atau lebih dari mekanisme seperti yang dibahas diatas 
  9. Untuk internet unlimited gratis tanpa kuota yang telah ditetapkan oleh operator.
B.  Latar Belakang

Latar belakang meremot server menggunakan SSH karena dengan menggunakan SSH kita dapat bergerak bebas melalui struktur file akun hosting. Kita juga dapat menjalankan tugas seperti monitoring log file dan melalui atau menghentikan service (berlaku dilayanan VPS / Dedicated). Bahkan kita juga dapat menggunakannya untuk install software ke akun hosting kita atau manage MySQL . SSH mengizinkan kita untuk melakuakn lebih banyak hal lebih dari standard web.

C. Alat dan Bahan

1. PC / Laptop
2. Jaringan internet

D. Maksud dan Tujuan

Tujuan melakukan remot server menggunakan SSH agar client dapat meremot server melalui terminal pada laptopnya sendiri . 

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Buka terminal , masukkan perintah -> ssh nama komputer server@ip komputer server . Misalnya disini saya mempunyai nama komputer server : usersakti dan ip server : 192.168.11.2. Maka -> ssh usersakti@192.168.11.2 -> enter


Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan password . Isikan password saat anda menginstall Debian server

2. Tandanya saya sudah berhasil masuk ke server . Nama komputer saya yang tadinya puji-X401U menjadi usersakti . Saya masuk ke terminal server menggunakan terminal laptop saya .


3. Saya sudah masuk ke terminal server , dan disini saya akan mencoba untuk membuka file interfaces denagn perintah -> nano /etc/network/interfaces -> enter


akan muncul tmpilan seperti ini






Saya sudah berhasil meremot server  menggunakan SSH , dan saya sudah membuktikan membuka file interfaces server  lewat terminal laptop saya .

F. Referensi

Ebook Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom

G. Hasil dan Kesimpulan

Dengan menggunakan SSH kita dapat meremot server dari mana saja asalkan kita tahu nama host server , ip server serta password server.


Sekian dari saya apabila ada salah mohon maaf. Terimakasih telah berkunjung di blog saya. :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.