INSTALL PROXMOX

Assalamualaikum Wr. Wb
Disini saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang cara nginstall proxmox.





A. Pengertian

Proxmox VE (Virtual Environment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system. Proxmox berjalan dengan mode text, walaupun seperti itu Proxmox akan lebih mudah dikonfigurasi melalui akses remote dengan web based. Untuk sekarang Proxmox dengan release terbaru adalah Proxmox VE 2.3.
Proxmox support beberapa jenis platform virtualisasi seperti KVM dan OpenVZ. Dengan berbasis distro Debian Stable dan menggunkan kernel khusus untuk virtualisasi menjadikan Proxmox VE sebuah Bare Metal Virtualtation Platform yang power full. Bare Metal adalah sistem komputer dimana mesin virtual dipasang langsung pada komputer dalam sistem operasi tanpa diinstall terlebih dahulu aplikasi tertentu. Istilah Bare Metal mengacu pada hardisk.

B. Latar Belakang

Latar belakang dari penginstalan proxmox adalah digunakan untuk virtualisasi dimana mesin virtual dipasang langsung pada komputer dalam sistem operasi tanpa diinstallterlebih dahulu aplikasi tertentu.

C. Alat, Bahan, Spesifikasi, OS
1. Proxmox hanya disediakan untuk mesin 64 bit sehingga tidak akan bisa berjalan pada mesin 32 bit. Jadi disini saya menggunakanOS Linu Mint versi 17.3.
2. Pada saat instalasi, Proxmox akan menghapus seluruh isi dari hardisk. Sehingga jika hanya ingin melakukan percobaan gunakan hardisk yang kosong atau gunakan mesin virtual juga.
3. Jika ingin menggunakan KVM, Proxmox membutuhkan motherboard/CPU yang mendukung teknologi virtualisasi yaitu intel VT/AMD-V.
4. Processor Pentium 4, dan harus memiliki kemampuan 64 bit.
5. Jika akan menggunakan model full virtualization CPU harus memiliki model
motherboard intel VT (Virtualtation Technology) atau AMD-V.
6. Memory RAM minimal 1 GB.
7. Kapasitas hardisk minimal 20 GB.
8. NIC (Network Interface Card)

D. Maksut dan Tujuan
Maksut dan Tujuan  dari penginstalan proxmox adalah untuk virtualisasi dimana mesin virtual dipasang langsung pada komputer dalam sistem operasi tanpa diinstallterlebih dahulu aplikasi tertentu.

E. Tahapan Pelaksanaan
1. Langkah pertama masuk pada bios.





2. Setelah itu aan muncul tampilan awal pada proxmox, kemudian kita pilih install Proxmox VM.


3. Setelah pilih install proxmox VM maka akan muncul tampilan dibawah ini dan kita harus menunggu loading pada tampilan ini.



4. Kemudian kita pilih I agree pada END USER LICENSE AGREEMENT (EULA) tampilan ini.


5. Setelah kita I Agree pada tampilan sebelaumnya maka kita akan diberi pilihan untuk memilih harddisk yang akan digunakan. pilihlah harddisk yang masih kosong -> Net

6. Kemudian kita disuruh untuk mengedit waktu dan lokasi yang kita gunakan -> Next.

7. Setelah itu kita edit Administration password and E-mail Address yang aktif -> Next.


8. Kemudian kita masuk pada jendela network configuration. Disitu kita disuruh mengedit hostname; Ip address; netmask; gateway; DNS Server yang sesuai saat kita setting pada router -> Next.


9. Setelah itu kita menunggu proses hingga komputer meminta untuk kita reboot. Pada saat kita reboot cabut media bootable.


10. Pada saat komputer menyala kembali lagi maka akan muncul tampilan seperti berikut :


11. Sekarang Proxmox telah selesai di install :)


F. Referensi
    Ebook Proxmox cloud computing virtualisasi

G. Hasil dan kesimpulan
    Proxmox merupakan jenis platfrom jenis virtualisasi yang berbasis distro Debian Stable dan menggunakan kernel khusus untuk virtualisasi.Proxmox juga menunjang proses pembangunan sebuah server.


Mungkin itu tutorial install proxmox pada server dari saya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi saat anda akan melakukan proses install proxmox pada server.
Terima kasih telah berkunjung di blog saya :) semoga anda sehat selalu, banya rezeky dan semoga bermanfaat :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.